Selasa, 01 Maret 2016

PUSKESMAS KALAPANUNGGAL adalah salah satu kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat kurang mampu di kalapanunggal.

Profil UPTD. Puskesmas Kalapanunggal



Puskesmas Kalapanunggal menpunyai wilayah kerja di Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi, melayani 7 desa yang terdiri  1. Desa Kalapanunggal, 2 Desa palasari Girang, 3 Desa Makasari, 4 Desa Kadununggal, 5 Desa Pulosari, 6 Desa Walangsari, 7 Desa Gunung Endut, dengan letak geografis luas wilayah 6.064 Ha. dengan jumlah penduduk 47.112 jiwa.


Dalam wilayah kerja UPTD. Puskesmas Kalapanunggal terdapat 212 RT dan 58 RW yang di dalamnya terdapat 57 posyandu. Dengan sekian banyaknya penduduk dan penyebarannya yang tidak merata, di karenakan wilayah Kecamatan Kalapanunggal, ada yang berbukit-bukit ada juga lokasi yang sulit di lintasi oleh angkutan, sehingga menyebabkan kepadatan penduduk terkonsentrasi di wilayah yang lebih dekat dengan akses jalan, sehinggamenimbulkan permasalahan dan tangtangan yang harus di hadapi.

UPTD. Puskesmas kalapanunggal menpunyai Visi yaitu  “ Mewujudkan Masyarakat Kecamatan Kalapanunggal Sehat, yang Mandiri dan Berkeadilan “ dan Motto UPTD. Puskesmas Kalapanunggal “ Kepuasan Pengunjung adalah Komitment Pelayanan Kami” karena hal itu kami masih terus berbenah diri, memperbaiki dari apa yang belum kami capai terutama dalam memberikan pelayanan yang prima dengan membuka layanan langsung dengan call center, yang memberikan jawaban langsung dari masalah apa yang sudah di dapat dari pelayanan, baik pelayanan dalam gedung maupun pelayanan luar gedung dari petugas UPTD. Puskesmas kalapanunggal.

Pelayanan yang kami berikan baik promotive, prefentif dan kuratif adalah : pelayan umum, Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan Gigi,  Pelayanan Konseling Interpersonal (KIP) maupun kelompok potensial, (misalnya ; Kesehatan Remaja, Reproduksi, Kesehatan Jiwa, Kesehatan Kerja, Gizi, Sanitarian), dan Konseling Khusus misal ; IMS (Infeksi Menular Sexual), selain itu juga kami mempunyai klinik MTBS dan MTBM. Bahkan kami memberikan pelayanan khusus lagi untuk ibu bersalin dengan PONED (Pelayan Obstetri Neonatus Emergensi Dasar) dan Pelayanan UGD (Unit Gawat Darurat) yang memberikan pelayanan 24 jam.





Sedangkan untuk menjangkau wilayah lain yang jauh dari Puskesmasmaupun Pustu, kami menyediakan pelayanan Puskesmas Keliling dengan mengunakan Mobil Pusling, terutama daerah-daerah yang sangat jauh dengan jadwal yang berbeda-beda dari satu tempat dengan tenpat lainnya sehubungan dengan keterbatasan tenaga dan sarana Pusling yang hanya 1 unit kendaraan

Selain itu juga kami pada tahun 2012 mempunyai 2 Pustu yang berada di desa Gunung Endut dan satu lagi di desa Pulosari, dan pada tahun 2013 alhamdulillah kami mendapat bantuan dari Chevron Gheothermal Salak LTD. 1 unit Gedung Pustu di desa Palasari Girang dan 1 unit bangunan Poskesdes di Desa Kadununggal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yang saat ini pembangunannya sedang berlangsung agar dapat melayani masyarakat.



Untuk upaya Promotif, dikarenakan tenaga khusus fungsional belum tersedia, kami melalukan subsidi silang tenaga dan pembagian tugas untuk upaya Promotif maupun Konselingdengan memegang beberapa program dan koordinasi lintas program dan lintas sektor. Sedangkan untuk Menajemen dan Kesekertariatan UPTD. 

Puskesmas kalapanunggal dipimpin oleh seorang perawat yaitu  Bapak Asep Gumelar, SKM.,M.Si,. Untuk pelayanan Kuratif Dasar di Puskesmas oleh dokter, yang pada Tahun 2013 ada 2 dokter dan sekarang pada tahun 2014 Cuma ada 1 orang dokter,  sehubungan dengan berpindahnya dokter yang 1, ke Kota Depok pada Bulan Januari 2014. Hal ini pun menjadi satu kendala bagi kami, karena seharusnya Puskesmas PONED dengan UGD 24 jam, sekurang-kurangnya harus memiliki 4 orang dokter apalagi kalau kita lihat perbandingan dengan jumlah penduduk yang ada di Wilayah Kecamatan Kalapanunggal yang berjumlah 47.112 jiwa.

Dalam perannya di Upaya Promotif, terdapat beberapa sub program yang diantaranya, Program Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Gizi, P2M ( Pencegahan Penyakit menular ) yang membawahi P2TB (TB dan Kusta ), ISPA Diare, dan Imunisasi. Selain itu terdapat beberapa program penunjang lainnya yaitu PERKESMAS, UKS (Usaha Kesehatah Sekolah), Kesehatan Olah Raga, Kesehatan Mata, Lansia, Kesehatan Jiwa, Kesehatan Kerja, Pembinaan Desa Siaga Aktif dan SPKDS ( Sarana Pelayanan Kesehatan Dasar Swasta ). Di Puskesmas Kalapanunggal untuk masing-masing programer dibuatkan surat Tugas Pokok dan Fungsi  ( TUPOKSI ) yang dituangkan dalam selembar kertas dan di tempel, sehingga mudah mengingat dan tidak akan berbenturan dengan kegiatan petugas lain, bahkan bisa saling membantudan kerja bersama.


Dalam pelayanan pada masyarakat kami membina kerja sama lintas sektor dengan pemerintah setempat yaitu dengan Kecamatan dan desa-desa setempat dengan selalu hadir dalam kegiatan minggon yang selalu di adakan setiap hari senin yang bertempat di kantor Kecamatan Kalapanunggal, serta membina hubungan baik dengan Forum Desa Siaga Aktif, Forum Pengajian, PKK, Para Tokoh Masyarakat maupun dengan para Tokoh Agama bahkan dengan para Ketua RW dan RT. 

Selain itu juga kami menjalin kerja sama yang baik dengan para perusahaan yang ada, yang bisa kita lihat dengan bantuan-bantuan yang sudah kami rasakan di bidang kesehatan seperti : dari Chevron Gheotermal Salak, LTD. : 1 Unit Gedung UGD, 2 Unit Gedung Pustu di Cibojong Pulosari dan Ciwangun Desa Palasari Girang, 7 Unit Posyandu yang tersebar di 7 Desa, dari PT UNOCAL ; 6 Unit Posyandu yang tersebat di 7 Desa, Perkebunan PTP VIII Cisalak, 1 Unit Posyandu dari 1 Unit PT. Subur, 1 Unit bangunan dari PT JAPFA yang tanah hibahnya dari BPM AMMYN. 1 Unit Bangunan Posyandu yang di bangun dengan swadaya murni masyarakat. Serta swadaya-swadaya masyarakat dalam pembangunan posyandu dari 23 Unit dari PNPM Mandiri dan 5 Unit pembangunan Posyandu biaya dari P3K, kemudian 2 Unit Pembangunan biaya dari APBD Propinsi.

Dari berbagai kegiatan pembangunan posyandu, baik pembiayaan dari PNPM Mandiri maupun P3K serta biaya dari APBD Propinsi seluruhnya untuk tanah lokasi adalah hibah murni dari masyarakat bahkan dalam pembangunannyapun masyarakat bergotongroyong, baik dalam bentuk kegiatan pembangunan maupun gotong royang iuran membayar tukang bahkan dengan snack dan makan pekerja tersebut. 

Bahkan bukan hanya berbentuk fisik saja sumbahsih dari berbagai perusahaan, Chevron Gheotermal Salak LTD. memberikan bantuan untuk bidang kesehatan bahkan memberikan dana untuk kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu, kader Desa Siaga Aktif, Siswa SBH, PMR dan bahkan dalam kegiatan Kemitraan Bidan, Paraji dan Kader. 


Kemudian ada juga YBUL (Yayasan Bina Usaha Lingkungan) selain memfasilitasi kami dalam peningkatan kapasitas kader kesehatan bahkan melatih langsung petugas Promkes dan Bidan Desa kami tentang Teknik Fasilitator Effektif selama 3 hari di hotel yang ada di Kota Bogor, selain itu kami juga bermitra dalam bidang promotif dan preventif dengan Koperasi BMT Amanah Madani dalam membina kelompok potensial ibu hamil dengan program Kelas Ibu Hamil dan Program Tabungan Ibu Hamil dengan mudah memberikan pinjaman tanpa bunga bahkan dapat bantuan dari Koperasi tersebut bagi yang sudah menjadi anggota Koperasi BMT Amanah Madani.

Untuk memberikan pelayanan yang baik, memuaskan dan berkualitas kepada masyarakat di Kecamatan Kalapanunggal dibuatkanlah suatu SOP dan Protap pelayanan kepada pasien, Klien atau tamu. Dengan dibuatnya Protap dan ditempel di dekat tempat pelayanan diharapkan kekeliruan dalam bertindak memberikan pertolongan terhindarkan, 

Keserderhanaan prosedur pelayanan di Puskesmas Kalapanunggal, tidak berbelit-belit dan mudah dipahami termasuk disediakannya kotak saran untuk pengaduan, adanya kejelasan waktu pelayanan yaitu dengan ditempelkanya waktu jadwal pelayanan dari masing-masing unit pelayanan. Petugas yang memberikan pelayanan sangat kompeten dibidangnya, keahliannya, keterampilannya, pengetahuannya, dilengkapi dengan adanya protap-protap pelayanan, keramahan dan kedisiplinan sangat dijaga oleh petugas yang ada di UPTD. Puskesmas kalapanunggal sehingga Puskesmas kami mendapat berbagai penghargaan, diantaranya ; Juara 1 Program Perkesmas Tk. Kabupaten Sukabumi Tahun 1990, Juara Harapan 2 Program Perkesmas Tk. Propinsi Jabar Tahun 1992, Juara 3 Puskesmas Berprestasi tahun 2008, Juara 2 Gebyar Bulan Promosi Kesehatan Tahun 2009, Juara Harapan 2 Puskesmas ber-PHBS Tahun 2010, Masuk Nominasi 7 Besar Puskesmas Berprestasi tahun 2010, Juara 1 Penialaian Kinerja Puskesmas (PKP) Tahun 2012 Tingkat kabupaten Sukabumi, Juara 1 Penialaian Kinerja Puskesmas (PKP) Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Sukabumi dan Terbaik ke-1 Puskesmas Terakreditasi Tingkat Kabupaten Sukabumi, dan Alhamdulillah Puskesmas kami mendapatkanSertifikat ISO 9001 Edisi Tahun 2008 pada Tahun 2013.

Promkes Kalapanunggal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar